RPP-Pemasaran Online-Konsep Pemasaran Online


F/KUR/15.6
 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah             :  SMK N 43 JAKARTA
Program Keahlian       :  Pemasaran
Mata Pelajaran            : Dasar Program Keahlian
Kelas/Semester            : X (sepuluh)/I (satu)
Topik /Tema                :  Konsep Pemasaran On-Line
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit
Pertemuan                   :  1

A.      Kompetensi Inti:
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dan semua unsur didalamnya
1.2.1        Menunjukkan perilaku aktif dalam proses pembelajaran pemasaran online dengan    sikap menyadari akan kebesaran Tuhan
2
2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari – hari sebagai       wujud implementasia sikap kerja

2.2.1.        Menunjukkan sikap kerja dengan menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran.
3
3.3  Memahami Konsep Pemasaran On Line

3.3.1          Menunjukkan pemahaman tentang konsep Pemasaran On Line
4
4.3    Menggunakan Konsep Pemasaran Online

4.3.1             Memahami cara mengguna kan dan memanfaatkan Pemasaran On Line


C.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan pendapat ( eksplorasi ) , mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik diharapkan mampu :
1.      Memahami tentang pengertian Pemasaran On Line
2.      Menyebutkan konsep Pemasaran On Line
3.      Menjelaskan manfaat Pemasaran On Line
4.      Mengindentifikasi Komponen-Komponen Pemasaran Online
5.      Menjelaskan cara kerja pemasaran online.
6.      Mempresentasikan hasil diskusi
            
D.      Materi Ajar
Konsep  Pemasaran  On line
v  Fakta
Amati gambar dibawah ini.  Apa yang anda lihat ? Bandingkan antara dua gam bar tersebut Pernahkah anda pergi ke toko buku, kegiatan dan layanan apa saja yang anda lihat disana ! Bagaimana dengan toko buku di Internet, samakah kegiatan dan layanan disana!Ceritakan pendapat anda, sampaikan dalam kegiatan pembelaran.
              

v Konsep
Mari kita memahami konsep Pemasaran On Line
·                         Pengertian Pemasaran Online
·                         Konsep Pemasaran On Line
·                         Manfaat Pemasaran On Line
·                         Komponen-Komponen Pemasaran Online
·                         Cara Kerja Pemasaran Online.
·                          
v  Prinsip
Prinsip Pemasaran On Line
  1. Pemasaran Online diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber.
  2. Konsep Pemasaran On Line adalah Segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www
  3. Manfaat pemasaran online : melakukan perubahan dengan cepat, memperoleh hasil secara real time, menentukan sasaran demografis tertentu, banyak media pilihan, penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen, dan kemampuan konversi instan
  4. Keuntungan pemasaran online : organisasi lebih mudah dan sederhana, kemudahan mengelola barang, pelayanan lebih fokus, riset pasar lebih mudah, biaya pemasaran murah kemudahan memilih target pasar dan tidak terbatas ruang dan waktu
  5. Komponen pemasaran online : content marketing, search engine marketing, email marketing, PR online, social media marketing, online advertising, website, dan conversion.
  6. Cara kerja pemasaran online : awareness, interest, desire dan action.           

Pinsip pemasaran online Toko Bagus.com
                        Jual Beli Bagus !

 
 






v  Prosedur  dan nilai - nilai
Prosedur
      1.Gambar produk  yang dipasarkan
      2. Adanya informasi mengenai spesifikasi produk
      3.Lewat telp menghubungi si pemasang iklan ( kontak person )
      4.Negosiasi
      5.Transaksi jual beli
      6.Konfirmasi untuk pembayaran
      7.Pengiriman dan penyerahan barang

Nilai – Nilai
       1.Tanggungjawab
      2.Jujur
      3.Teliti
      4.Nyata atau objektif
      5.Asli
      6.Kepuasan

E.       Metode Pembelajaran
1.    Penugasan,
2.    Tanya Jawab,
3.    Diskusi dan
4.     Presentasi,

F.       Media Pembelajaran
1.      Komputer dan LCD
2.      Gambar Iklan Produk
3.      Power Point untuk langkah-langkah kegiatan
4.      Contoh-contoh kasus dan kisah dari koran/majalah/media lainnya

G.      Sumber Belajar
1.                Kotler Manejemen Pemasaran ( terjemahan jilid 1.PT Prehallindo ,Jakarta )
2.                Internet, E-BOOK
3.                BSE Penjualan dra Devi Puspitasari MPd DEPDIKNAS 2008

H.      Strategi Pembelajaran (Pengembangan)
Tatap muka
Mandiri terstruktur
Mandiri tidak terstruktur
·      Peserta didik mengamati gambar
·      Peserta didik menanyakan maksud dari gambar
·      Peserta didik menuliskan maksud dari gambar tersebut
·      Peserta didik mendiskusikan apa yang mereka tulis tersebut
·      Peserta didik membuat kesimpulan
·      Peserta didik menpresentasikan hasil diskusi
·      Peserta didik melakukan pemesanan barang melalui online
·     Peserta didik membiasakan
Berkomunikasi secara efektif
·     Peserta didik membiasakan berkomunikasi melalui media pemasaran online
·     Peserta didik menganalisa pesan yang disampaikan melalui gambar
.
I.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
 Pendahuluan
1)      Mengajak peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran
2)      Melakukan konfirmasi  tentang kehadiran peserta didik
3)      Mengajak peserta didik berdinamika dengan yel-yel. Contoh: guru berkata:“ online yes ! Peserta didik menjawab: Yes  (tangan mengepal ke atas).
4)      Mengajak peserta didik mengamati gambar yang ditayangkan
5)      Dilanjutkan dengan membaca informasi yang disampaikan dan bertanya jawab tentang maksud dari gambar yang ditayangkan
6)      Peserta didik mengisi kegiatan diskusi pada buku penilaian (praktikum) sebagai kegiatan portofolio
7)      Meminta informasi dari peserta didik tentang komunikasi atau pesan yang disampaikan gambar tersebut
8)      Menginformasikan materi ajar yang akan dipelajari, yaitu tentang Konsep Pemasaran online “
       10 menit
Inti, meliputi:
Mengamati
1)      Melihat gambar, mengamati, menganalisa maksud gambar iklan produk dan mencermati maksud dan pesan yang disampaikan oleh gambar tersebut.
Mencermati gambar tersebut dan siswa harus dapat menunjukkan apa yang dimaksud Pengertian Pemasaran Online, Konsep Pemasaran On Line, Manfaat Pemasaran On Line, Komponen-Komponen Pemasaran Online, Cara Kerja Pemasaran Online.
150 110 menit  
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan terkait gambar tsb.
2)      Mendengarkan pertanyaan peserta didik tentang maksud dari gambar tsb.
3)      Memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk menjawab.
4)      Pemerataan peserta didik dalam menjawab (tidak didominasi oleh salah satu peserta didik saja).
5)      Memperhatikan peserta didik lain yang tidak berani memberikan jawaban.
6)      Mengamati  keberanian dan sikap  peserta didik dalam menjawab dan memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban dari peserta didik lain.

Eksplorasi
1)      Peserta didik membagi diri menjadi 5 kelompok dan duduk sesuai dengan kelompoknya. Pembagian tugas diatur sebagai berikut:
·      Kelompok I mendiskusikan pengertian pemasaran online
·      Kelompok II mendiskusikan Konsep  Pemasaran Online
·      Kelompok III mendikusikan tentang Manfaat Pemasaran Online
·      Kelompok IV mendiskusikan tentang Komponen – Komponen Pemasaran Online
·      Kelompok V mendiskusikan mengenai Cara Kerja Pemasaran online
2)      Selanjutnya peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus  yang diberikan kelompoknya dengan mengunakan berbagai sumber.
3)      Ketika diskusi kelompok sedang berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar dapat bekerjasama/gotong royong, toleransi, peduli, santun dan bertanggung jawab untuk melakukan tugas diskusi kelompok
4)      Selama pembelajaran berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terhadap peserta didik terkait dengan disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, responsif dan kreatif peserta didiknya, serta mencatat di lembar pengamatan semua hal yang terjadi di kelas (penilaian proses). Juga memperhatikan cara peserta didik berdiskusi dan menyusun resume (sekaligus menilai keberanian mengemukakan pendapat dan ketepatan dalam menyusun resume. Jika ada peserta didik yang tidak aktif dalam mengemukakan pendapat dan pembuatan resume, langsung diingatkan dan diberi catatan)

mengasosiasi
5)      Setelah peserta didik dalam kelompok mendapatkan jawaban dari berbagai informasi, kemudian diminta untuk menyimpulkan jawaban, membuat Resume Hasil Diskusi, dan selanjutnya menyiapkan bahan untuk dipresentasikan di depan kelas.

Komunikasi
6)      Selanjutnya setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain mengajukan pertanyaan/sanggahan dengan menggunakan kata-kata santun. Adapun urutan mempresentasikannya adalah sbb:
·      Kelompok I mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertiam  pemasaran online
·      Kelompok II mempresentasikan hasil diskusi tentang konsep pemasaran online
·      Kelompok III mempresentasikan hasil diskusi manfaat pemsaran online
·      Kelompok IVmempresentasikan hasil diskusi tentang komponen - komponen pemasaran online
●  Kelompok V mempresentasikan hasil diskusi tentang cara kerja pemasaran online
Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir diskusi.
7)      Peserta didik mengumpulkan hasil kerja kelompok
8)      Guru melakukan pencairan suasana (ice breaking) dengan bermacam-macam teknik.

Kegiatan Akhir Penutup

1)      Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang dilakukan (merefleksi kegiatan), apakah ada masukan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.
15 menit

2)      Peserta didik menyimak penjelasan tentang materi ajar serta tugas yang diberikan guru terkait dengan pembelajaran selanjutnya
3)      Mengajak semua peserta didik berdo’a untuk mengakhiri pembelajaran
4)      Guru mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
J.        Penilaian Proses dan Hasil Pembelajar(Terlampir)
1.        Tes (tulis dan lisan)
2.        Non tes (tugas, observasi, portofolio dan refleksi)
Kepala Sekolah
Jakarta, Juli 2015
SMK Negeri 43 Jakarta
Guru Mata Diklat









LEMBAR PENILAIAN
1.    Tes
·      Tulis
No
Butir – Butir Soal
Kunci Jawaban
1
Sebutkan pengertian pemasaran online
Pemasaran Online diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber.
2
Sebutkan yang dimaksud dengan konsep Pemasaran Online
Konsep Pemasaran On Line adalah Segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www
3
Jelaskan manfaat dan kpemasaran online
Manfaat pemasaran online : melakukan perubahan dengan cepat, memperoleh hasil secara real time, menentukan sasaran demografis tertentu, banyak media pilihan, penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen, dan kemampuan konversi instant
4
Sebutkan komponen - komponen pemasar online
Komponen pemasaran online : content marketing, search engine marketing, email marketing, PR online, social media marketing, online advertising, website, dan conversion.
5
Sebutkan cara kerja pemasaran online
Cara kerja pemasaran online : awareness, interest, desire dan action.







·      Lisan (melihat gambar iklan produk)
No.
Nama Siswa
Kemampuan Melihat gambar
1
2
3
4
5
1.            






2.            






3.            






dst






              Keterangan :                                                                          Skor Tes Melihat gbr iklan  :
1.    = Melihat gambar                                                               = 80 – 90 = A
2.    = Mengamati gambar                                                         = 70 – 79 = B
3.    = Menganalisa gambar                                                      = 60 – 69 = C
4.    = Menunjukkan informasi atau pesan dari gambar                       = 50 – 59 = D
5.    = Tidak dapat mengamati gambar                                     = kurang dari 50 = E

·      Lisan (mempresentasikan hasil diskusi)
No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
4.           1






5.           2






6.           3






Dst
Dst..........................





Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :           
1.      Mempresentasikan sangat baik                         = 80 – 90 = A
2.      Mempresentasikan baik                                                = 70 – 79 = B
3.      Mempresentasikan kurang baik                                    = 60 – 69 = C
4.      Mempresentasikan tidak lancar                                    = 50 – 59 = D
5.      Tidak dapat mempresentasikan                                    = kurang dari 50 = E
2.    Non Tes  
·      Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di Buku Praktikum dan Catatan Aktivitas Diskusi Sehari-hari dan diserahkan kepada Guru)
(Format Contoh Terlampir)
3.   Refleksi
Berilah tanda “cek” ( √ ) yang sesuai dengan dorongan hati kamu menanggapi pernyataan-pernyataan yang tersedia !

No.

Pernyataan
Kebiasaan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
1
Saat saya sendiri saya melakukan komunikasi dengan Tuhan Yang Maha Esa




2
Saya melakukan komunikasi dengan dengan diri sendiri




3
Saya berkomunikasi dengan orang – orang yang ada di sekitar saya




4
Saya menggunakan media komunikasi online dalam kegiatan belajar




5
Saya berusaha berkomunikasi efektif




6
Saya melihat  gambar iklan produk di berbagai media




7
Saya bertutur kata lemah lembut kepada teman




8
Saat berjumpa teman, saya menyapa dengan ramah




9
Saya menghormati perbedaan pendapat




10
Saya menjaga persaudaraan dengan sesama mukmin





Keterangan :                Skor Tes Sikap:
 Selalu                              = 3
Sering                               = 2
Jarang                               = 1
Tidak pernah                    = 0

Rubrik Rumus Penilaian Produktif Pemasaran dan Budi Pekerti


Komentar